Basmalah... Bismillahirrahmanirrahiim

Hope Allah always beside on me, beside on us... and blessing all we do. Because without Allah, we are nothing.
Start everything in the name of Allah.

Kunjungan

Akhirnya mendapatkan petunjuk, untuk menjadikan halaman ini sebagai ruang belajar baru antara aku dan anakku. antara Shafiyyah dan Saffanah. mari kita coba -23042013-
free counters
Blogger Indonesia

Monday, July 08, 2013

[ephy] Memaafkan masa lalu

berikan maafmu baru kamu bisa melupakan masa lalu (Citra Rizcha Maya on Fb Status update)

ada banyak hal yang tidak bisa berubah dalam satu malam, hanya saja ada pengecualian pada satu hal yang aku menamainya dengan HIDAYAH.



tidak mudah bagi manusia seperti saya menjelaskannya, hanya saja pagi ini saya mencoba menuangkannya dengan bahasa paling sederhana yang saya bisa.

di kehidupan hari ini setiap manusia punya orientasi yang berbeda, dunia atau akhirat. 
menjalani semuanya butuh kerelaan dan kesabaran, tidak ada yang serba instan,ekstra cepat langsung jadi.
begitu juga dalam menyelesaikan suatu urusan atau masalah.

dalam pandangan saya, urusan masa lalu yang belum terselesaikan adalah satu sandungan, halangan, dan rintangan yang mungkin bisa saja menunda kelancaran tercapainya masa depan yang kita inginkan.

manusia, butuh Hidayah Tuhan untuk bisa menjalani semuanya seperti yang dia mau... 

__

dalam dua post yang lalu, saya bicara tentang Lady. dan tadi malam saat saya membaca update status Citra, saya kembali teringat tentang Lady.

mungkin, tapi saya tidak terlalu yakin, Lady belum memaafkan masa lalunya. karena itu dia belum bisa memastikan apa dia siap menjalani masa depan setelah hari ini.

tentang apa?

ini tentang rasa hati.
buat banyak anak muda sekarang istilah 'move on' lebih familiar, menghadapi masa depan, itu butuh kesiapan total. kalau masa lalu masih menjadi ganjalan, tentu saja kita tidak akan bisa maju.

memaafkan mereka yang pernah menyakiti hati kita, melukai perasaan, tidak menghargai pengorbanan kita....
MEMAAFKAN... itu... kadang jadi sulit, ketika masih ada luka yang tak ingin kita obati, urusan yang belum kita selesaikan, kalimat yang belum terkatakan...

apakah Hidayah itu sudah kita panggil? untuk membantu kita... memaafkan...

___

moment penting akan segera datang, Ramadhan yang penuh berkah...
tidak ada salahnya kita memulainya dari detik ini...
memaafkan...
memaafkan masa lalu.
tentu saja, kalau kita perlu mengatakannya secara langsung, kita harus melakukannya. jangan menundanya lagi. karena esok tidak selalu lebih baik dari hari ini jika kita tidak berusaha maksimal.

dalam post ini, saya mau mengatakan pada Lady :


maafkan aku yang baru saja mengenalmu, tapi selalu yakin dengan kata hati, memaksamu untuk memaafkan masa lalumu. 
tolong katakan pada dia, masa lalumu, "mari kita saling memaafkan, maafkan aku karena pernah membuatmu kecewa, dan aku akan memaafkanmu karena kamu pernah menorehkan luka."
mungkin, dengan itu semua... kamu akan menerima uluran tanganku, niat baikku.... pada masa depanmu.



dan aku sudah memaafkanmu...

-ephy-

No comments:

Post a Comment

tinggalkan pesan anda disini...