Basmalah... Bismillahirrahmanirrahiim

Hope Allah always beside on me, beside on us... and blessing all we do. Because without Allah, we are nothing.
Start everything in the name of Allah.

Kunjungan

Akhirnya mendapatkan petunjuk, untuk menjadikan halaman ini sebagai ruang belajar baru antara aku dan anakku. antara Shafiyyah dan Saffanah. mari kita coba -23042013-
free counters
Blogger Indonesia

Friday, July 26, 2013

[eksplorasi bumi] Saffa dan Play Group

Saffa bermain seusai kelas.

Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Salamat pagi....

Tak terasa, sudah beberapa hari ini absen menulis.
kesibukan apakah gerangan yang menjadikan seorang ibu seperti saya berhenti sejenak dari kegemaran?
ya, saya memang dibilang pemula dalam urusan ini, mengantar anak sekolah.

Sejak tanggal 15 yang lalu, saya mengantarkan Saffa ke sekolah. pertimbangannya adalah mencari teman bermain. Karena Saffa memang tidak punya teman bermain selain bunda dan kadang-kadang ayahnya, dirumah.
Jadi, agar Saffa juga punya teman-teman sebaya, saya memberikan sedikit waktu untuk Saffa agar bisa bergaul diluar rumah.

Saya mendapatkan rekomendasi tentang 'Insan Madani' (IM), dari seorang kawan lama yang kebetulan anaknya dititipkan di kelas penitipan anak di IM. Taman bermain ini bisa dibilang baru, tapi pengelolanya bukan orang baru. Bunda Ratna sudah puluhan tahun mengarungi dunia pendidikan anak. Dan sejak pensiun, beliau mencoba mengelola mandiri IM.

Alasan kedua adalah, jarak tempuh menuju IM hanya 10 menit dengan naik angkutan kota 1x. Tidak jauh, dan hemat waktu.

saat saya bertemu dangan Bu Ratna, saya mendapatkan kesan baik, segala keluhan saya tentang cara pendekatan Saffa diterima dan saat saya mengajukan permintaan 'khusus', beliau tidak berkeberatan. Jujur, tidak ada 'suap-menyuap' atau 'sogok-menyogok' disini. Bu ratna dan semua guru tampak sangat tulus dan jujur dalam mendekati setiap putera-puteri didiknya.
Sapa ramah, dan ajakan bermain. juga banyak hal yang belum sempat saya ajarkan dirumah menjadi telisik saya selama satu minggu menunggui Saffa di lingkungan barunya.

ternyata, seperti itu rasanya menyekolahkan anak. melepaskan mereka pada dunia bermain teman sebayanya.

satu lagi yang asik dan seru, di IM tidak ada ibu-ibu atau baby sitter yang 'rerumpi' saat menunggui anak-anak di dalam kelas. dan saya bisa mengisi waktu dengan membaca buku atau melipat kertas -origami- sambil menunggu Saffa selesai berkegiatan di dalam kelas. (pendapat yang sangat pribadi)

Dalam satu minggu berada di kelas kelompok bermain, Saffa sudah banyak memahami hal baru. walau sudah lebih banyak hal yang ia tahu sebelumnya dirumah. seperti berhitung, mengenal warna, mencocokkan gambar, beberapa lagu, bacaan alfatihah, juga gerakan shalat.

yang sangat baru bagi Saffa adalah berteman, berbagi mainan, dan mentaati peraturan yang diberikan oleh bunda guru di dalam kelas.

bagi saya, tidak ada yang mudah saat baru memulai sesuatu. pasti ada rasa enggan dan sedikit kesulitan. tapi manusia punya kemampuan beradaptasi dengan sangat baik, kalau dia mau. begitu juga dengan Saffa.

Di hari Senin ke-2 nya. Saya meninggalkannya di sekolah. sedikit air mata, tapi kata Bu Ratna, kalau orang tua ikhlas, insya Allah anak pasti akan mengerti. Hari ke-2 berjalan dengan baik. sayangnya di hari Rabu ke-2, saya terpaksa meliburkan Saffa. gejala flu. dan saat hari Kamis masuk kelas lagi, memang beberapa anak dalam satu kelas pada pilek.

Satu lagi ujian bagi seorang ibu seperti saya, saat sebelumnya Saffa sangat jarang sakit atau rewel ketika sakit, kali ini yang saya hadapi adalah keinginan beragam yang ingin dituruti pada saat yang bersamaan.

yup.

Baiklah... pagi ini saya masih harus menyiapkan Saffa sekolah. jadi saya tidak akan menulis banyak. 
Penerapan belajar dirumah masih saya lanjutkan. Tapi untuk kedepan sepertinya perlu ada beberapa kegiatan baru, seperti mendisiplinkan waktu shalat, juga makan.
heheee... cerita lengkapnya saya lanjutkan di sisi eksplorasi bumi yang lain ya....


Wassalam

bunda saffa

No comments:

Post a Comment

tinggalkan pesan anda disini...