Basmalah... Bismillahirrahmanirrahiim

Hope Allah always beside on me, beside on us... and blessing all we do. Because without Allah, we are nothing.
Start everything in the name of Allah.

Kunjungan

Akhirnya mendapatkan petunjuk, untuk menjadikan halaman ini sebagai ruang belajar baru antara aku dan anakku. antara Shafiyyah dan Saffanah. mari kita coba -23042013-
free counters
Blogger Indonesia

Wednesday, July 10, 2013

[ephy] Kelebihan ruang saat kehilangan

pagi ini terbangun karena mimpi yang menyeramkan... sedikit horor, tapi akan jadi cerita menarik untuk dituliskan...
nanti mimpinya akan saya salin dalam bentuk tulisan di Catatan dan Novela.

tapi sekarang saya mau menulis yang lain di halaman ini, ini tentang ruang yang kosong saat kita kehilangan.

banyak yang bilang, jika seorang kehilangan kekasih hati, maka ia akan mencari 'pelarian' ke lain hati.

hampir seperti itu, tapi saya mendalami dalam sisi yang berbeda...


ini tentang Lady, lagi-lagi Lady...
tapi saat kemarin saya bertemu dia dari siang sampai sore...
saya mendapatkan cerita lain, sesuatu yang sudah lama ia inginkan, karena ia kelebihan ruang di hati.
karena? karena terlalu banyak kehilangan.

mungkin fenomena nikah-cerai yang marak dalam beberapa waktu terakhir ini, terlalu sering jadi bahan gosip, tapi tidak jadi bahan perenungan... kenapa mereka harus bertaruh untuk menikah, kalau memang tidak ada kesadaran saling memahami? apa tidak terbesit di hati, bagaimana anak-anak yang membutuhkan kasih sayang orang tua mereka, akhirnya akan kehilangan sosok teladan penuh kasih nantinya....

itu baru satu.

fenomena yang kedua adalah PACARAN, putus-sambung-putus-sambung-dst.
terlalu banyak remaja zaman sekarang, yang menikmati pacaran seperti pembagian listrik oleh perusahaan listrik negara, kadang putus mendadak, lalu nyambung lagi sampai batas waktu yang tidak ditentukan.
tidak ada ajaran kepada mereka, bahwa kesibukan itu ternyata, merusak hati dan jiwa mereka, karena? karena saat kehilangan dihadapan, putus menjadi pilihan, mereka akan mencoba beragam cara, segala hal, untuk bisa mengisi kekosongan itu.

___

tinjauan saya kali ini adalah KELEBIHAN RUANG SAAT KEHILANGAN, ketika manusia kehilangan, kehilangan seseorang (dari sudut pandang saya) maka dia akan mengalami satu goncangan psikis, kejiwaan. terutama bila sosok yang hilang itu adalah, panutan, idola, tumpuan, harapan, dan segalanya.
goncangan psikis itu hanya akan bisa diatasi dengan dua hal.
yang pertama adalah KEIMANAN DAN KETAKWAAN PADA TUHAN, rasa berserah dan pasrah cenderung akan menuntun manusia pada jalan yang benar.
yang kedua adalah PELAMPIASAN PADA KEHIDUPAN KEMANUSIAAN. jika seorang yang 'gila musik' mungkin dia akan menulis lagu sedih, jika seorang 'peminum' mungkin dia akan membiarkan lambungnya terisi cairan perusak bergalon-galon, atau yang lain? pelampiasan pada kehidupan kemanusiaan ada banyak...

kelebihan ruang saat kehilangan, tentu saja harus diisi lagi. karena kadang manusia merasa tidak bisa kokoh berdiri dan kuat menghadapi esok, jika kehilangan yang ia rasakan sangat menyiksanya.
dan pelampiasan pada kehidupan kemanusiaan, selam itu positif, kemungkinan manusia akan bergerak ke kutub positif, walau dengan terseok-seok. tapi jika hal itu negatif...
itulah yang saya saksikan saat ini, tergambar jelas dihadapan, dan saya tak mampu memungkiri, kerusakan generasi muda hari ini adalah, karena mereka tidak tahu, bagaimana cara mengisi kekosongan itu, kelebihan ruang saat kehilangan.

---

kembali ke cerita Lady, saya bertanya padanya, untuk mengenali dan memahaminya dengan lebih cermat. dan saya menyimpulkan sesuatu dari pengalaman hidup Lady.
besar tanpa sosok ayah, membuat Lady sangat keras pada dirinya. pilihannya adalah yang terbaik baginya. hingga saat ia memiliki seorang 'pacar' dan orang tuanya tidak setuju, Lady mengusahakan banyak cara untuk bisa menjadikan sang pacar diterima di keluarganya.

hanya saja usaha keras itu dibalas dengan pengkhianatan yang membuat lubang besar di hati Lady, kehilangan yang menyisakan ruang hampa.

tapi Lady punya caranya sendiri, kelebihan ruang itu ia isi dengan banyak hal, yang sebagian positif, dan sedikit nilai negatif yang akan saya abaikan, karena usaha kerasnya untuk melakukan banyak hal yang positif.

beberapa hal positif Lady adalah, dia berteman dengan banyak orang yang mendukung kegiatan positifnya. diantaranya, menyantuni banyak orang miskin, menjadi orang tua asuh dari beberapa sanak keluarganya yang tidak mampu membayar biaya sekolah, sampai menjadi donatur di beberapa yayasan amal. 

Lady mencoba berteman dengan banyak tipe orang, sampai akhirnya ia bahkan mempertaruhkan dirinya untuk membantu temannya dengan menjadi staff marketing sebuah perusahaan jasa, yang menjadikannya seorang berkemeja dan bersepatu hi-heels saat harus bekerja. padahal seumur hidup tidak pernah terbesit dalam otaknya untuk berdandan ala karyawan, apalagi menjadi karyawan, karena dia adalah seorang pengusaha sejati. (aku hanya bisa tersenyum untuk satu kasus ini).

hal positif Lady yang lain adalah, ia sangat suka bergabung dalam komunitas yang membangun kepribadiannya, menjadi seorang yang memandang positif kehidupan, dan bukan meruntukinya dalam penyesalan karena masih harus terus single, diantara banyak tuntutan untuk segera menikah.

ruang kosong pada diri Lady, tampak perlahan terisi, tapi belum penuh (menurutku). Lady masih butuh seseorang yang bisa mengisi kekosongan hatinya. ruang kosong itu sekarang seperti sedang didekorasi oleh Lady, dikhususkan bagi seseorang yang bisa mengerti bahwa tidak semua kenyataan hidup yang pahit itu akan selamanya pahit.

bagiku, Lady sudah sangat siap menelan lebih banyak kepahitan, karena yang terpahit kemarin bisa ia telan dan ia gantikan dengan lebih banyak yang manis sekarang.

tapi kemudian, semua orang pasti akan bertanya, siapa sosok yang pantas untuk mengisi satu jeda itu?

__

akan ada cerita lain..
hanya saja, satu pesan sederhana dari saya sekarang...
kalau kamu bersedih karena kehilangan, jangan tangisi kehilangan itu selamanya. berdiri dan temukan sesuatu yang lebih baik untuk menggantikan yang pergi itu, simpan saja masa lalu dalam catatan kenangan, dan jadilah seorang yang lebih baik dari hari ini.

semoga kita bisa saling memeriksa diri.


salam hangat
-ephy-





2 comments:

  1. Jangan cemburu padaku.

    Jangan cemburu karena aku yang berteman, karena aku ingin hidup berkawan

    Jangan cemburu karena aku yang suka makan, karena aku bahagia berperut kenyang

    Jangan cemburu karena aku yang tak tanggapi lawan, karena aku senang menjadi diriku saja

    Jangan cemburu karena aku tak jadi sempurna dan tetap senang, karena aku bersyukur untuk semua yang kupunya

    Dan biarkan aku berjalan bersamamu lewati waktu, diantara cemburu dan rindumu

    Tapi jangan cemburu padaku sekarang, karena aku tulus padamu

    Hanya kamu sekarang, untuk sebuah masa depan yang Tuhan rancang.
    Jadi, jangan cemburu padaku sekarang.

    ephy
    10072013

    ReplyDelete
  2. Nice post. :) terkadang org emang masih terlalu terpaku dg sebuah 'kehilangan'. Padahal hakekatnya, semua itu bukan murni milik kita, hak kita atau kemauan kita. Klo setiap org sudah paham hakekatnya, 'kehilangan' hanya sebuah bentuk 'alarm' untuk menguji sebuah keikhlasan dan intropeksi atas sebuah hikmah yg terjadi.

    kita punya Allah yang punya segalanya dan bisa melakukan apapun diluar batas kemampuan kita, bahkan yg mustahil sekalipun, bisa Ia lakukan. jadi tidak ada yg perlu d cemaskan utk sebuah kehilangan duniawi, hanya butuh waktu lebih untuk bisa memahami dan menerima itu semua. Allah punya proyek besar lain utk kita. Semoga. :)

    ReplyDelete

tinggalkan pesan anda disini...