Basmalah... Bismillahirrahmanirrahiim

Hope Allah always beside on me, beside on us... and blessing all we do. Because without Allah, we are nothing.
Start everything in the name of Allah.

Kunjungan

Akhirnya mendapatkan petunjuk, untuk menjadikan halaman ini sebagai ruang belajar baru antara aku dan anakku. antara Shafiyyah dan Saffanah. mari kita coba -23042013-
free counters
Blogger Indonesia

Saturday, May 26, 2012

Kekuatan Otak

Aku pernah mendengar, kapasitas memori otak manusia, adalah seperti volume, 50 kali luas lapangan bola dikalikan 10 kali tugu monas. dan sepertinya itu adalah volume yang sangat besar.
tapi tentang pemanfaatannya, itu tergantung pada bagaimana manusianya memanfaatkan kemampuan otak tersebut.
pagi ini akhirnya aku browsing, dan mendapatkan info dari sini :

  • Otak bagian kiri
  • Otak bagian kiri kita atau bahasa ilmiahnya left cerebral hemisphere, merupakan bagian otak yang berpikir secara kognitif dan rasional. Bagian ini memiliki karakteristik khas yang bersifat logis, matematis, analitis, realistis, vertikal, kuantitatif, intelektual, obyektif, dan mengontrol sistem motorik tubuh bagian kanan.
  • Otak bagian kanan
  • Otak bagian kanan atau right cerebral hemisphere, adalah bagian otak yang berpikir secara afektif, kualitatif, impulsif, spiritual, holistik, emosional, artistik, kreatif, subyektif, simbolis, imajinatif, simultan, intuitif, dan mengontrol sistem motorik tubuh bagian kiri.
dan pagi ini aku mendapatkan satu pembuktian yang akurat.

pagi tadi aku ikut papa mengantar mama belanja, di salah satu persimpangan jalan yang cukup ramai, rombongan sepeda motor berbelok, mengambil posisi di depan mobil yang dikendarai papa. hanya dalam hitungan 10 sebuah tabrakan terjadi didepan mata papa yang sedang mengemudi. papa bisa menghentikan mobil, dengan perlambatan yang sangat akurat, sehingga tidak menabrak lagi dua sepeda motor yang saling bertabrakan didepannya, dan juga tidak dalam posisi me-rem mendadak yang membuat kendaraan dibelakang akan ikut kaget.

kehebatan otak disini, adalah, karena saat mengemudi, papa sedang mengulang hafalan ayatnya, dengan bacaan yang keras, sehingga mama yang sedang menghafal ayat itu, bisa mengikutinya.

bacaan ayat itu hanya terhenti sesaat, dan saat papa diminta melanjutkan hafalannya, setelah melewati dua sepeda motor yang saling bertabrakan (dan syukurnya hanya sepedanya yang remuk), papa bisa melanjutkan ayat yang terputus dengan lancar, dan tidak melakukan kesalahan.


lalu setelah bacaan selesai, aku menyadari sesuatu...

ketika kita sudah menghafal sesuatu, dan kita punya pengendalian diri yang baik, maka sepertinya, otak kita secara otomatis, menyetel segalanya dengan sebaik-baiknya.

keseimbangan kerja otak kiri dan kanan papa, terbukti.

dan aku tahu, kerja otakku tidak sebaik itu.

karena aku selalu saja menyerah ketika otak kanan dan kiriku tidak bekerja dengan seimbang dan bekerja sama antara satu dan yang lainnya.

aku berhenti mencoba menyetir mobil, saat setelah sekali aku hampir menyerempet sebuah mobil di simpangan jalan,

aku berhenti mencoba menghafal apa yang bisa aku hafal.

aku bisa menghafal wajah, tanpa menghafal nama orang, dan ketika aku mengingat seseorang, aku hanya bisa mengingat sesuatu yang aku inginkan dengan sangat, diatas 100%, jika kurang dari itu, maka tidak ada jejak di otakku. dan kalau sudah begitu, maka sisi otak yang lainnya tidak membantuku untuk ber-koordinasi dengan baik.

aku tidak pernah menghafal apa pun dalam hampir sembilan tahun terakhir.


dan rasanya sekarang saat yang baik untuk memaksimalkan fungsi otakku kembali. karena di usia mama yang hampir 50, mama masih bisa mengikuti kelas bahasa arab, menambah hafalan ayat-ayatnya, dan tetap menjadi ibu bagi anak-anaknya, dengan tidak terlibat emosi 'fatal' yang merusah kerja otaknya.


-review today-

ephy

No comments:

Post a Comment

tinggalkan pesan anda disini...